Selamat Datang di blog KUA Kecamatan Purwokerto Timur, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Purwokerto Timur menerapkan pelayanan berbasis IT

Senin, 30 Mei 2016

Marhaban Yaa Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan, Sebentar lagi Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan akan menghiasai dikehidupan kita karena sebentar lagi umat muslim akan kehadiran bulan yang penuh keberkahan, yaitu bulan Ramadhan 1437 H. Umat Islam di semua dunia tentunya sudah sangat menantikan hadirnya bulan Ramadhan. Ramadhan yaitu satu bulan yang istimewa dalam Islam. Di mana pada bulan Ramadhan dipenuhi dengan keberkahan, pahala beribadah yg dilipat gandakan, peristiwa dimana pintu pengampunan di buka dan beragam kebaikan yang lainnya. Pada bulan Ramadhan, setiap umat muslim diperintahkan menunaikan ibadah puasa. Diluar itu, bulan Ramadhan juga menjadi peristiwa yang pas buat meningkatkan amal ibadah.

Tanggal 1 Ramadhan tahun 1437 H/2016 M sendiri berdasarkan lebih dari satu sumber dengan cara penentuan awal bulan hijriah menggunakan hisab atau perhitungan yaitu jatuh pada 6 Juni 2016 yang akan datang. Akan tetapi penentuan tanggal 1 Ramadhan juga ditentukan dengan metode rukyatul hilal atau melihat bulan secara langsung yang bisa dilakukan mendekati awal Ramadhan nanti. Di Indonesia sendiri, setelah cara rukyatul hilal untuk memberikan keyakinan 1 Ramadhan sudah dijalankan, baru akan diputuskan oleh pemerintah, dalam soal ini yaitu Kementerian Agama RI .

Ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, satu hal yang biasanya disiapkan yaitu jadwal imsakiyah, yang mana fungsinya untuk tahu saat imsyak supaya dikala mengakhiri saat sahur dapat diperhitungkan, tidak terlambat. Kemudian juga mengetahui waktu sholat 5 wajib, Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib serta juga Isya’. Jadwal Imsyakiyah setiap daerah pastinya berlainan, begitu juga dengan di Banyumas.(-swt-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer