Selamat Datang di blog KUA Kecamatan Purwokerto Timur, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Purwokerto Timur menerapkan pelayanan berbasis IT

Selasa, 15 Maret 2016

KURSUS CALON PENGANTIN


Purwokerto: Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Purwokerto Timur Radimin, S.Ag, menilai calon pengantin harus mengikuti kursus calon pengantin (Suscatin) agar mengetahui kewajiban masing-masing.
"Calon pengantin kami beri materi seperti ilmu kesehatan. Bagaimana cara mengurus keluarga termasuk kaitannya KUA memberikan materi dari sisi agama," Ujar beliau


Walau kursus ini tidak wajib diikuti, namun beliau menyatakan bahwa kursus tersebut akan memberi banyak pengetahuan dan manfaat bagi calon pengantin dalam mengarungi bahtera perkawinan natinya.

"Memang ini sifatnya tidak wajib. Tapi alangkah baiknya calon pengantin mengikutinya, karena banyak ilmu yang diperoleh di Suscatin," 

Beliau menjelaskan, calon pengantin tidak perlu takut waktu kursus tersebut sehingga dikhawatirkan mengganggu aktivitas.

Kegiatan Suscatin digelar satu minggu sebelum pernikahan dengan waktu satu hari saja. Dan perlu diketahui bahwa ini tidak dipungut biaya, bahkan calon pengantin seusai mengikuti kursus dikasih sertifikat.

Dengan mengikuti kursus tersebut di samping mendapat ilmu baru juga sebagai salah satu upaya pemerintah atau dalam hal ini Kementrian Agama untuk membimbing calon pengantin agar menjadi keluarga Sakinah, atau paling tidak, dapat mengurangi angka perceraian yang diakibatkan karena masalah ringan, yang mungkin hanya karena belum tahu ilmunya.

Di kursus calon pengantin (Suscatin), banyak diberikan materi yakni dari kewajiban pria atau suami seperti memberikan nafkah lahir batin, menggauli dengan baik, mendidik anak dan istri, menyimpan aib istri, memelihara kesehatan istri dan anak dan memberikan simpati.

Sedangkan untuk perempuan atau istri, materi yang perlu diketahui yakni; taat patuh ke suami, melayani suami dengan baik, menyimpan rahasia atau aib suami, menjaga diri dari sentuhan orang lain, menjaga harta martabat dan tidak berpegian tanpa ijin suami.

Namun yang sangat penting agar keluarga diberikan keberkahan adalah; ibadah kepada Allah swt, sabar, rajin bekerja, banyak bersyukur dan berdoa. (-swt-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer